oleh

Bupati Soppeng Minta Masyarakat Pegang Erat Budaya Leluhur

SUARAKEADILAN – Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak A. Mangkona menekankan pada masyarakat untuk tetap memegang budaya lokal. Bahkan kita seharusnya selalu mengingat nilai budaya yang diturunkan oleh leluhur kita.

Demikian dikatakan Bupati Soppeng saat menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Agung Pengurus Wilayah (MAPW) Sulawesi Selatan dan Majelis Agung Pengurus Daerah (MAPD) Kabupaten Soppeng. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Agung Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia. Acara ini digelar di Lapangan Gasis Watan Soppeng, Minggu malam, (16/12/2018).

“Budaya tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan bermasyarakat. Kearifan lokal dan pendekatan budaya, terkadang  lebih dapat menyelesaikan masalah, dibanding pendekatan yuridis formal,” jelas Bupati Soppeng.

Selanjutnya, untuk mengingatkan pentingnya kesatuan dan keutuhan bangsa, H Andi Kaswadi Rasak mengajak semua yang hadir untuk menengok sejarah. Sejak awal, Raja dan Sultan serta keturunannya, selalu memiliki semangat cinta NKRI. Mereka rela mengorbankan nyawa demi keutuhan bangsa dan negara.

Orang nomer satu di Soppeng ini juga mengingatkan hubungan antara Raja atau Datu dengan Ulama. Menurutnya, di Soppeng, Raja atau Datu  dan ulama selalu sejalan. Karena pemerintah tidak bisa lepas dari tokoh agama. Antara Umara dan Ulama, tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

“Masuknya Islam di Soppeng, dgn damai. Dibawa oleh Syekh Abdul Majid. Datu Soppeng yang pertama memeluk Islam adalah Datu Beowe pada tahun 1609 Masehi. Inilah yang diabadikan namanya, Pesantren Yasrib (Yayasan Perguruan Islam Datu Beowe-red). Yang didirikan oleh AGH Daud Ismail,” kata Bupati Soppeng.

Diakhir sambutannya, H Andi Kaswadi Razak mengingatkan semua yang hadir untuk tidak buruk sangka. Saling memperlihatkan kebaikan. Ia juga mengutip filosofi masyarakat Bugis Soppeng.

“Mari saling memperlihatkan kebaikan. Sitiroang deceng tessitiroang ja’. Siapa yg melanggar, akan kena sumpah,” tutur Bupati Soppeng.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Kadis PTSP Andi Yamin A. Mahmud, Bupati Wajo terpilih Dr H Amran Mahmud. Ketua Agung MARS Indonesia Dr HC. KGP Panembahan Agung Tedjowulan MM., Ketua Agung MAPW Sulawesi Selatan Andi Anshari A. Mangkona, Ketua Agung MAPD Soppeng Andi Tantu Dato Galib. (SUB)

 

Loading...

Baca Juga