oleh

SMAN 70 Wajo Gelar Pelatihan Teknik Wawancara dan Penulisan Berita

SUARAKEADILAN – Lembaga Pers Siswa (LPS) Cendana menggelar Pelatihan Jurnalistik bertema Teknik Wawancara dan Cara Menulis. Pelatihan ini dalam rangka pengkaderan anggota baru yang dipusatkan di Tribun Utama Lapangan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Peserta yang terdiri dari berbagai kelas tersebut diberikan pembekalan ilmu Jurnalistik dengan menghadirkan pemateri dari media. Salah satunya, pemateri yang juga redaktur kliksulsel.com Ichal Mahendra. Ia memberikan materi Teknik Wawancara dan Cara Menulis.

Puluhan peserta yang hadir diberikan bekal 12 item teknik wawancara dan 15 teknik menulis yang baik dan benar. Untuk diterapkan dalam menulis berita mapun menulis buku. Peserta juga dibekali materi asyiknya jadi jurnalis dan pembinaan penulisan serta bahasa berkarakter jurnalis.

Baca Juga :  Andi Nurbudiman Menjadi Pemateri Workshop PKB

Menurut Ichal Mahendra, sebelum melakukan wawancara persiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang akan ditanyakan kepada narasumber. Pertanyaan tersebut juga harus sesuai dengan topik pembahasan yang ingin didapatkan. Dan usahakan dalam pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber itu singkat, padat dan jelas.

“Jelaskan tujuan Wawancara, memulai pembicaraan dengan pertanyaan ringan. Siapkan alat tulis, dan hindari pertanyaan yang rumit. Serta pandai-pandailah mengambil kesimpulan. Jangan menyodorkan pertanyaan yang menggurui,” kata Ichal Mahendra.

Lanjut Ichal Mahendra, hasil wawancara ini kemudian dilakukan penyuntingan berita. Jangan buat berita yang mengandung fitnah, hasutan, dan kebohongan. Tidak menonjolkan unsur kekerasan, seksualitas, perjudian, penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang. Tidak juga mempertentangkan Suku, Agama, Ras atau golongan.

Baca Juga :  Corona Makin Mewabah, Anak-anak Bersiap Masuk Sekolah?

“Isi berita juga tidak merendahkan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Tata bahasa dan kosakata yang baik dan benar. Serta terpenting, memperhatikan tanda baca dan struktur kalimat. Dan boleh menyertakan kutipan dan atribusi,” kata pria yang kerap tampil dengan Songkok Recca nya.

Sementara menurut salah satu dari peserta, Minarni selama mengikuti Empat materi. Ia mengaku banyak mengetahui tentang dunia Jurnalis yang sebelumnya tidak diketahui. Bahkan ia mengaku sudah mengetahui cara kerja seorang jurnalis.

Lebih lanjut siswi kelas X jurusan Bahasa SMAN 7 Wajo itu mengatakan, LPS itu suatu organisasi yang menaungi banyak orang dari siswa-siswi SMAN 7 Wajo. Khususnya yang tertarik pada dunia Jurnalis.

Baca Juga :  Sambut Ramadhan 1442 H Jakarta Islamic Center Gelar Sholawat Nariyah

“Saya berharap apa yang disampaikan pemateri dapat bermanfaat. Bagi saya terutama melatih publik speaking saya. Banyak sekali, namun yang terpenting saya mampu berbicara depan umum. Pelatihan ini juga membuat saya lebih berani mengutarakan pendapat saya jika itu benar adanya, “kata Minarni. (SUB)

Loading...

Baca Juga