oleh

Logika Agama Revolusi Mental, Semakin Pintar Semakin Kurang Ajar

Logika Agama Revolusi Mental, Semakin Pintar Semakin Kurang Ajar. Oleh: Subairi, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin DDI Paria.

Ada hal yang jarang di bahas di dalam kitab-kitab tafsir dan jarang juga diceramahkan oleh para muballigh. Padahal kalau menurut hemat saya, itu amat sangat penting. Mengapa sosok Jibril menggunakan kalimat perintah iqra’ sebanyak 3 kali? Tidak mungkin sosok seperti Jibril mubazzir pasti setiap titik komanya itu memiliki makna.

Rasulullah SAW sendiri bingung pada waktu itu sampai dikatakan “maa ana bi qaari” (saya tidak dapat membaca). Secara ilmu semantik kata qara’a suatu kosa kata yang tidak familiar di kalangan bangsa arab pada waktu itu. Karena kata qara’a itu padanannya dengan kata kataba.

Qara’a berarti membaca kitab suci, sementara dunia arab tidak pernah turun kitab suci. Yang ditunggu-tunggu mungkin kata utlu. Yang berasal dari kata talaa-yatluu-utlu, membaca syair. Kalau qara’a konotasi maknanya membaca kitab suci. Jadi mohon maaf, ini tidak bisa diterjemahkan bahwa nabi itu buta huruf.

Apakah kita bangga dipimpin oleh seorang yang buta huruf padahal Rasulullah adalah orang yang supercerdas? Apakah seperti itu dapat dikatakan buta huruf? Membaca saja tidak bisa hanya karena kita membaca qara’a itu dalam perspektif modern sekarang ini.

Inilah arti penting melakukan revolusi mental dengan  pendekatan logika agama. Sebuah logika tentang mematuhi, meyakini dan mengimani agama tanpa, menghilangkan unsur logika. Maaf sedikit melebar, sekarang mari kita lanjutkan perjalanan iqra’ kita.  

Qara’a pada masa Nabi SAW, adalah suatu bahasa arab yang tidak familiar bagi orang arab itu sendiri, kecuali kata tala. Palestina tempatnya orang membaca kitab suci. karena hampir semua kitab suci turun di Palestina. Belum pernah ada kitab suci turun di jazirah arab. Karena itu nabi mengatakan saya bukan bangsa pembaca kitab.

Baca Juga :  Logika Agama Tidak Merekomendasikan Kekerasan Terhadap Siapapun

Kata Iqra (bacalah) diulang sampai tiga kali. Baru yang keempat kalinya Rasulullah mampu mengucapkan iqra’ bismirabbikalladzi khalaq. Dalam suatu tafsir isyari disebutkan bahwa ternyata iqra pertama itu artinya how to read, iqra yang kedua artinya how to learn, iqra yang ketiga artinya how to understand. Dan iqra yang keempat artinya how to meditate.

Kalau kita membaca Al-Quran dengan sistem kejar target 2 juz, 3 juz, 4 juz, itu baru iqra yang pertama. Ingat. Jibril memerintahkan bukan hanya iqra’ satu kali. Kita diminta iqra’ yang kedua, iqra yang kedua inilah how to learn, jadi bagaimana mendalami. Membaca ayat ini juga yang perlu kita clear-kan, bahwa umat Islam seringkali mengatakan iqra’ bermakna bacalah Al-Quran. Padahal Quran belum ada pada waktu itu.

Jadi yang perlu di baca, dalam shigatnya, dalam ilmu balaghah atau ilmu bahasa arab apabila ada fi’il amr tanpa maf’ul. Atau dalam kata lain, apabila ada kalimat perintah tanpa obyek yufiidul am (menunjukkan kepada apapun), semuanya harus dibaca dan yang tentu harus di baca adalah ayat-ayat.

Baca Juga :  Logika Agama Abu Jahal, Krisis Iman VS Krisis Ekonomi

Makna ayat adalah segala sesuatu selain Tuhan. Alam raya ini adalah ayat, bahkan diri kita sendiri juga adalah ayat. Makanya banyak ilmuan memberikan warning kepada kita, agar tidak hanya mampu membaca dalam pengertian how to read and how to learn, tapi juga bagaimana lebih melibatkan iqra lagi. Tindakan yang berikutnya how to understand. Iqra yang ketiga ini ada keterlibatan tidak hanya intelektual tapi juga emosional.

Contoh, kita melihat sebuah pohon kelapa. Yang menanam adalah bapak saya, tetapi dia tidak sempat menikmati buahnya. Begitu melihat pohom tersebut, dia terharu dan terkesan bahwa di balik buah yang enak ini ada keringat yang pernah mengucur. Itulah iqra yang ketiga.

Mustahil ada revolusi mental kalau tidak revolusi metodologi atau epistimologi, karena itu perlu iqra’. Ini yang kurang di umat islam ini. Biasanya mandeg atau stagnan di iqra yang kedua. Makanya banyak orang yang semakin pintar, semakin kurang ajar.

Seorang ilmuwan tidak mesti mengikuti kata orang lain. Iqra yang ketiga ini baru sedikit orang yang bisa mencapainya, padahal jibril sudah mengingatkan kita semua. Lebih sedikit lagi orang yang mencapai kepada level iqraa yang keempat, karena melibatkan spritualitas kita. Melibatkan cinta kasih yang amat dalam.

Baca Juga :  Logika Agama Motivasi Nafsani Vs Motivasi Rohani
Diperlukan revolusi mental yang luar biasa, dengan logika dari banyak perspektif yang ada, tetapi tetap berpegang pada logika agama yang kuat. Sejarah Islam telah membuktikan bahwa ketaatan tanpa logika hanya menghasilkan buih di lautan. Meletakkan logika agama diatas logika yang lain akan menghasilkan sebuah kebudayaan yang maju dengan keimanan yang kuat. Disinilah perlunya revolusi mental. Bukannya semua nabi yang diutus di dunia ini tugas utamanya adalah revolusi mental? Dan revolusi mental itu bernama Tauhid. 

Tidak satupun yang ada di alam ini yang tidak bermakna. Dan inilah yang dipegang ilmuan kita pada abad pertengahan, seperti Ibn Rusyd yang mengarang sebuah kitab yang berjudul bidayatul mujtahid. Terkadang orang lupa bahwa yang menulis kitab ini adalah seorang dokter yang mengarang kitab at-tib (buku kedokteran).

Banyak juga orang tidak percaya bahwa Ibn Rusyd juga seorang filsuf atau sufi dengan karyanya yang amat sangat familiar almaqalu fii maa baina hikmah wa syari’ah. Jadi dalam diri beliau terakumulasi jiwa sufi, dokter, ahli fiqh. Makanya di pagi hari beliau berprofesi sebagi qadhi atau hakim (ahli fiqh), di siang hari beliau berprofesi sebagai dokter. Dan di malam hari beliau berprofesi sebagai sufi.

Loading...

Baca Juga