oleh

JICBS, Program Jakarta Islamic Centre Cetak Youtuber Islami

SUARAKEADILAN – Jakarta Islamic Centre akan mengadakan program Jakarta Islamic Centre broadcast School (JICBS). Sebuah pembelajaran broadcast non formal yang akan diselenggarakan bulan Juli 2019.

“JICBS dibuka untuk umum baik laki-laki maupun perempuan. Mulai dari usia 18 sampai 30 tahun yang sangat tertarik pada dunia broadcast, jurnalistik radio dan televisi, penyiaran, penulisan dan perfilman” tegas Rusydi, Divisi Informasi dan Komunikasi Badan Managemen JIC, di kantornya (12/3/2019).

Menurutnya tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada anak muda muslim. Agar memiliki skill di bidang media dan dakwah Islam yang semakin menjamur. Dan memberi kesempatan untuk mengembangkan ilmu di bidang tersebut. Apalagi lapangan kerja dan usaha pada media begitu luas dan lagi booming seperti menjadi youtuber.

Baca Juga :  Adian Husaini Berikan Pembekalan Kepada Peserta Kader Peradaban

Program akan dimulai pada bulan Juli 2019 dan pada saat ini sudah mulai dibuka pendaftaran untuk JICBS angkatan ke -7. Bagi yang berminat mendaftar, bisa melalui online www.islamic-centre.or.id maupun mendaftar langsung ke kantor JIC Koja Jakarta Utara.

Peserta yang diterima sebanyak 100 orang. Perkuliahan ini beasiswa 100 persen dan bersertifikat. Peraturannya ketat tidak boleh absen dua kali pertemuan dari 16 kali pertemuan yang direncanakan. Perekuliahan pada setiap akhir pekan.

Lebin lanjut Rusydi menjelaskan bahwa pembelajaran didampingi oleh para instruktur profesional pada bidangnya. Yang langsung dari praktisi media baik televisi, radio, event organizer dan sutradara film. Pembelajaran terdiri dari 30 persen teori dan 70 persen praktek.

Baca Juga :  Sambut Ramadhan 1442 H Jakarta Islamic Center Gelar Sholawat Nariyah

Adapun materi yang diajarkan seputar jurnalistik televisi dan radio, teknik penulisan, proses pembuatan film. Proses creative, pengelolaan event organizer, public speaking, penyiaran. Ditambah dengan materi dakwah yang moderat di media menggunakan ilmu penyiaran menjadi salah keniscayaan pada era sekarang.

Durasi pendidikan selama 2,5 bulan yang di penghujung pendidikan para peserta harus membuat atau memproduksi film. Program ditutup dengan wisuda yang lolos pendidikan dengan ujian.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi menjelaskan tujuan program ini.

“Kami memberi peluang belajar boadcast bagi para pemuda dan pemudi muslim. Agar mereka bisa mengembangkan dirinya dan mampu mengisi dunia medsos, tv, online dan lainnya. Diisi dengan konten yang bermanfaat dan mengedukasi warga masyarakat,” kata Ahmad Juhandi. (NVD)

Loading...

Baca Juga