oleh

Berbagi di Bulan Ramadhan Adalah Tradisi Bapenda Kabupaten Mimika

SUARAKEADILAN.ID – Bapenda kabupaten Mimika menggelar buka puasa yang dirangkaikan dengan pembagian infaq dan sedekah. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Baitur Rasul, kelurahan Kamoro Jaya, SP 1, Distrik Wania, kabupaten Mimika provinsi Papua, Rabu (22/5/2019).

Kepala Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) Kabupaten Mimika menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu hasil inisiatif staf Bapenda yang beragama Islam. Mereka ingin beramal dan berbagi, terutama di bulan suci ramadhan.

“Kita hidup di dunia ini tidak boleh bersikap apatis atau masa bodoh. Tetapi kita harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Bagaimana kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang dhuafa maupun anak yatim. Yang sangat merindukan dan membutuhkan uluran tangan kita semua. Rasa simpati tidak cukup tanpa diiringgi rasa empati,” kata Kepala Bapenda kabupaten Mimika kepada suarakeadilan.id.

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Wajo Intens Kampanye di Sekolah

Kegiatan ini dihadiri oleh Ustad Subairi, selaku pembawa hikmah indahnya berbagi di bulan suci ramadhan. Acara ini dihadiri suluruh anak yatim piatu panti asuhan Baitur Rasul, lima belas staf Bapenda, serta seluruh anggota Majelis Taklim Masjid Nurus Salam.

Ustad Subairi, selaku pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin DDI Paria, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh staf Bapenda. Ia mendoakan ikhtiar atau usaha ini mendapatkan rahmat serta inayah dari Allah SWT.

Ia menjelaskan pahala jika ikhlas membantu anak yatim menurut kata Rasulullah SAW. Di akhirat kelak, kita akan duduk berdekatan dengan Rasululuh yang dekatnya seperti jari jemari tangan manusia. Ini adalah isyarat bahwa anak yatim itu merupakan ladang untuk memperbanyak amal kebajikan, terutama dibulan suci ramadhan.

Baca Juga :  Logika Agama Membangun Peradaban Baru Indonesia di Era Bonus Demografi

“Di hadis yang lain, Nabi SAW bersabda bahwa jika kita mengusap kepala anak yatim. Maka setiap rambut yang kita sentuh akan menjadi kebaikan. Semoga kegiatan ini kontinyu dilakukan bukan hanya di bulan suci ramadhan saja. Diluar ramadhan kita harus lebih bersemangat untuk berbagi dengan meraka,” jelasnya. (SUB)

Loading...

Baca Juga