oleh

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Masjid Raya JIC Berbenah

SUARAKEADILAN.ID – Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam menyambut kedatangannya dengan suka cita. Untuk menyambut kehadiran hari raya Idul Fitri tentunya memerlukan persiapan-persiapan.

Setiap muslim satu dengan lain berbeda dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Begitu juga budaya nusantara satu daerah dengan daerah lain mempunyai caranya sendiri dalam menyambut Idul Fitri.

Ada orang menyambut Idul Fitri dengan membersihkan dan memperindah rumah dengan mencuci sofa, mengecat tembok rumah dan lainnya. Ada juga suatu komunitas di setiap depan rumah warga dipasang janur kuning dihiasi dengan lampu warna-warni agar hari raya tampak meriah.

“Masjid Raya Jakarta Islamic Centre mempersiapkan Idul Fitri tahun ini dengan berbagai kegiatan. Untuk kegiatan ibadah seperti menggelar i’tikaf berjamaah sampai malam takbiran, mempersiapkan khotib dan imam sholat ‘id. Secara fisik kita mencoba membersihkan kawasan komplek JIC menjadi indah dan menarik” kata Ahmad Juhandi, Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre (29/5/19).

Baca Juga :  JICBS, Program Jakarta Islamic Centre Cetak Youtuber Islami

Ahmad juga menjelaskan agar keindahan ruang ibadah utama tetap bersinar lampu-lampu yang ada di dalam masjid diperbaiki

“Yang rusak diperbaiki. Yang mati kita ganti. Lumayan banyak lampu yang ada di ruang ibadah utama ini. Ada 12 kipas raksasa dengan ciri khas betawi. 12 kipas ini menggambarkan jumlah bulan dalam setahun. Setiap kipas ada 42 lampu. Jadi jumlah lampu di kipas saja ada 504 buah. Belum lagi lampu Lidi ada 35 buah di setiap kotak dan jumlah kotaknya ada 4 tempat jadi jumlahnya 140 buah lampu” jelasnya.

Ahmad menjelaskan Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang diartsiteki Ahmad Noe’man merupan masjid tanpa tiang penyangga terbesar se Asia Tenggara dengan luas 2,2 ha. Masjid bekas lokalisasi ini didirikan era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada tahun 2001 sd 2003 dengan luas kompleks seluruhnya 10.9 ha.

Baca Juga :  Mahasiswa Desak KPK Tangkap Walikota Bontang Terkait Dugaan Korupsi Berjamaah

“Biasanya setiap Idul Fitri masjid penuh dengan jamaah untuk mengikuti sholat ‘Id bahkan sampai membludak ke halaman masjid. Diperkirakan jumlah jamaah sampai 25.000 orang. Untuk itu kami mengantisipasinya dengan memperhatikan kebersihan, kerapian, keamanan, ketersedian air, kualitas khotib dan Imam. Silakan datang dan hadirilah sholat Idul Fitri di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre” kata Aep Saifullah Kepala Sub Divisi Peribadatan Badan Managemen Jakarta Islamic Centre. (AMN)

Loading...

Baca Juga