oleh

Logika Agama Berbuat dan Berkarya di Bulan Suci Ramadhan

Logika Agama Berbuat dan Berkarya di Bulan Suci Ramdhan. Oleh: SubairiPimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin DDI Paria.

Suatu nikmat yang wajib kita syukuri kepada Allah SWT. Kembali kita berjumpa dengan bulan penuh berkah, yaitu bulan suci ramadhan. Bulan suci ramadhan ini penuh berkah. Bukan saja dari berkah dunia, terlebih lagi berkah akhiratnya.

Prestasi-prestasi yang sangat kontemporer juga tercapai atau dicapai didalam bulan suci ramadhan. Hampir semua pristiwa-pristiwa yang monumental dalam Islam itu terjadi pada bulan suci ramadhan. Bahkan ada sejarawan yang mengatakan sejarah Islam itu sesungguhnya adalah sejarah ramadhan.

Mari kita liat misalnya penaklukan kota Mekkah itu bertepatan tahun kedelapan hijriah. Kemenangan besar Rasulullah SAW dalam perang Badar, yang amat sangat dahsyat itu juga terjadi pada bulan suci ramadhan.

Penaklukan Mesir, penaklukan Spanyol dua kali, itu juga terjadi pada bulan suci ramadhan. Dan satu persatu negara-negara Islam itu ditaklukkan pada waktu itu juga terjadi pada bulan suci ramadhan. Dan juga kembali merebut negaranya sendiri yang dijajah oleh dunia barat itu juga pada bulan suci ramadhan.

Temasuk Indonesia 17 Agustus 1945 itu juga bertepatan pada bulan suci ramadhan. Kalau kita kembali melihat secara lokal Indonesia, juga hampir semua kerajaan-kerajaan lokal bergabung didalam kekuatan kesultanan Islam di Indonesia juga pada bulan suci ramadhan.

Saya masih ingat. Ada seorang guru saya yang mengatakan bahwa pada waktu itu kerajaan Bone termasuk kerajaan besar di Indonesia timur pada waktu itu juga mengakui kekuatan Islam pada bulan suci ramadhan.

Marilah kita memanfaatkan bulan suci ramadhan yang datang ditengah-tengah kita sekarang ini tanpa meninggalkan dan melakukan sesuatu yang sifatnya monumental. Mari kita berbuat, mari kita berkaya dalam bulan suci ramadhan. (SUB)

Loading...

Baca Juga