oleh

Kalilah dan Dimnah 2 Kancil dan Raja Singa, Opini Asyari Usman

Kalilah dan Dimnah 2 Kancil dan Raja Singa

Oleh: Asyari Usman (Wartawan Senior)

Di suatu kerajaan Singa di hutan belantara, semua jenis binatang bersepakat untuk mempersembahkan seekor diantara mereka, setiap hari, kepada Raja. Agar Raja Singa tidak melakukan perburuan terhadap mereka. Setiap hari pula dilakukan undian diantara ‘puak-puak hewan’ yang wajib mempersembahkan upeti kepada Raja Singa.

Tiap jenis (puak) binatang menyajikan seekor dari jenis mereka sendiri. Sebagai contoh, kalau undian jatuh ke kambing, maka pimpinan kambing harus mengantarkan seekor anggotanya kepada Raja. Jika ‘pemenang’ undiannya lembu, maka ketua puak lembu akan menggiring seekor diantara mereka kepada Raja. Begitu seterusnya.

Suatu hari, undian jatuh pada kancil alias pelanduk. Tetapi, si Kancil sengaja melambatkan pengantaran sesajen. Raja Singa sangat marah. Karena dia lapar sekali.

Baca Juga :  Abraham Samad: Pimpinan KPK Memalukan

Si Kancil tiba di depan Raja tanpa persembahan. Raja bertanya mengapa si Kancil tidak membawa hidangan. Kancil menjelaskan bahwa dia ada membawa seekor kancil sajian, tetapi kancil sajian itu menolak dibawa kepada Raja. Alasannya, dia akan mempersembahkan dirinya sendiri kepada Singa yang asli sebagai Raja Hutan di situ.

Raja Singa tentu merasa terhina. Dia menuntut agar si Kancil membawa dia berjumpa dengan Singa tandingan itu. Si Kancil kemudian membawa Raja Singa ke sebuah sumur. Mereka berdiri di tepi sumur itu.

Sambil mengarahkan pandangan ke dalam sumur, si Kancil menunjukkan Singa tandingan bersama seekor kancil yang tadi menolak dijadikan sajian. Raja Singa langsung mengaum keras. Sekuat tenaga, Raja menerkam bayangannya di dalam sumur itu. Sejak itu, tidak ada lagi eksploitasi yang lemah.

Baca Juga :  Muktamar Luar Biasa dan Milad Ke-75 GPI Digelar Bulan Oktober

Kata orang, itulah akal cerdik kancil. Dia bisa menghentikan kesewenangan yang dilakukan oleh ‘orang kuat’ yang berjubah kebodohan. Cuma, ‘orang kuat tapi bodoh’ di zaman ini tentu saja bisa melengkapi dirinya dengan alat-alat serba canggih. Jauh berbeda dengan ‘orang kuat bodoh’ di masa penulisan Kalilah dan Dimnah. Wallahu a’lam.

Namun begitu, tentu Anda bisa menciptakan ‘sumur high tech’ untuk menghentikan ‘orang bodoh yang menggunakan alat-alat canggih itu’.[]

6 Juni 2020
(Asyari Usman)

Loading...

Baca Juga