oleh

Smanja Creative Production Gelar Workshop Pengelolaan Website

SUARAKEADILAN –  Selama dua hari (13-14/4/2019) SMAN 1 Maja ekstra kurikuler Smanja Creative Production (SCP) mengadakan Workshop Pengelolaan Web dan Pembuatan Web bagi anggotanya. Kegiatan ini mengambil tema “Soft skill siswa dan tantangan industry 4.0”.

Tujuan workshop ini untuk mengembangkan minat dan bakat terpendam siswa yang selama ini sibuk belajar. Selain itu, kegiatan ini untuk melatih kemampuan siswa dalam pengelolaan web, dan pembuatan aplikasi android sederhana. Kemampuan ini merupakan bekal untuk siswa melakukan pengembangan sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Dalam sambutannya, pembina ekskul Smanja Creative Production, Lutfi S.Pd MM meminta kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan selama dua hari dengan seksama. Ia berharap siswa bisa mengambil ilmu dari materi yang disampaikan pemateri.

Baca Juga :  Topari: Terkesan Ada Penggiringan Opini Untuk Kandidat DPD Tertentu

“Kegiatan ini adalah awal dari serangkaian kegiatan dari program kerja Smanja Creative Production tahun 2019. Kegiatan ini hendaknya menjadi gerbang dalam pemanfaatan teknologi bagi pengembangan kreatif dan skill siswa,” ungkap pria yang juga sebagai Ketua Bidang Keilmuan Babad Banten Nasional ini.

Lutfi berharap, kegiatan ini akan menjadi modal yang sangat penting bagi siswa. Agar nanti ketika memasuki dunia industri atau dunia pendidikan yang lebih tinggi lagi, bisa langsung memainkan peran penting. Bukan menjadi peran figuran.

Sementara itu Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Maja Kabupaten Lebak, Adnani S.PdI merasa bersyukur dan bangga atas terselanggaranya kegiatan yang dimotori oleh ekskul yang tergolong baru ini.

“Bapak yakin dan percaya bahwa kegiatan ini mampu memotivasi kalian untuk terus maju mengembangkan kreatifitas. Dan memanfaatkan teknologi di era milenia ini. Ini adalah langkah awal dalam membangun kesuksesan Smanja Creative Production. Maju tidaknya SCP ada di tangan kalian dan Bapak yakin kamu semua bisa memajukan SMA Negeri 1 Maja. Melalui ekslul ini,” tegas guru yang juga mengajar bidang studi Pendidikan Agama Islam.

Salah seorang peserta Tri Fajar Yusuf Widodo merasa senang bisa mengikuti pelatihan. Ia berpesan agar kegiatan yang berkaitan dengan IT bisa diadakan di sekolah.

Baca Juga :  Kampung Ambon Kembali Diacak-acak, Polisi Amankan 9 Paket Sabu

“Karena saya sangat suka yang berkaitan dengan teknologi informasi. Saya rasa kegiatan ini perlu diadakan lagi di kemudian hari dengan materi yang lebih mendalam. Mudah-mudahan nanti bisa diadakan pelatihan e-comers, e-education dan banyak lagi materi IT bisa bermanfaat dan kita pakai dalam menunjang bagi kehidupan kita. Kalau ditanya senang atau tidak, pastinya senanglah. Dapat ilmu, dikasih makan eh terakhir nanti kita dikasih sertifikat lagi. Pokoknya mantul, mantap betul”, ungkap siswa yang juga ketua ekskul SCP.

Workshop yang diadakan oleh SCP, materinya terdiri dari Pengelolaan Web oleh Tata Suharta, S.Si, M.Pd. Dilanjutkan materi pembuatan android tanpa coding oleh Achmad Rivai, S.Pd. Selain itu pada workhshop ini menghadirkan pemateri dari Kementerian Perindustriaan Republik Indonesia yaitu Afifi, S.Kom yang memberikan pelatihan HTML dan Android Studio. Untuk membangun motivasi siswa juga diberikan materi cara mengenali dan menggali softskill siswa dan pemanfaat teknologi informasi di era industry 4.0 yang disampaikan Lutfi SPd MM.(TMS)

Loading...

Baca Juga